STRATEGI INTERNASIONAL DESAIN DAN PENGENDALIAN ORGANISASI

Tantangan persaingan yang dihadapi oleh para manajer bisnis internasional

                Telah dibahas  mengenai sebagian alasan-alasan penting yang memotivasi perusahaan untuk mengejar peluang bisnis internasional, yang meliputi potensi untuk meningkatkan laba dan penjualan yang sudah ada dan dan untu membantu memenuhi keinginan manajemen secara keseluruhan akan pertumbuhan. Namun untuk berhasil di pasar global dewasa ini, suatu perusahaan harus mampu dengan cepat mengidentifikasikan dan memanfaatkan peluang yang terdapat dimana saja, baik secara domestik maupun internasional. 

Apakah strategi internasinal itu dan mengapa itu penting?
                Strategi internasional adalah cara perusahaan membuat pilihan mengenai perolehan dan penggunaan sumber daya yang langka guna mencapai tujuan-tujuan internasional. Strategi internasional melibatkan keputusan-keputusan yang berkaitan dengan berbagai fungsi dan aktivitas dari suatu perusahaan dan bukan hanya dengan satu bidang saja seperti pemasaran atau produksi. Untuk jadi efektif, strategi internasional dari suatu perusahaan perlu bersifat konsisten antara beragam fungsi,produk,dan unit regional perusahaan (konsistensi internal) seperti halnya dengan tuntunan dari lingkungan kompetitif internasional (konsitensi eksternal).ad conglimboo
                Untuk menciptakan suatu keunggulan kompetitif yang berkesinambungan dari waktu ke waktu, perusahaan internasional sebaiknya mencoba untuk mengembangkan keterampilan, atau kompetensi, yang
1.       Menciptakan nilai jual bagi pelanggan dan untuk mana pelanggan bersedia membayar
2.       Langka, karena kompetensi yang dimiliki oleh banyak pesaing tidak dapat dijadikan dasar  bagi keunggulan kompetitif
3.       Sulit ditiru atau digantikan
4.       Dikelola dengan cara yang memungkinkan perusahaan untuk sepenuhnya memanfaatkan potensi kompetitif dari kompetensi yang berharga, langka, dan sukar untuk ditiru
By conglimboo