MEMAHAMI SISTEM MONETER INTERNASIONAL



Sejak akhir perang dunia II pada tahun 1945, dolar amerika serikat telah menjadi mata uang sentral dalam transaksi-transaksi dunia. Pada awalnya dolar AS begitu dominan karena perekonomian AS telah bangkit dari peperangan relatif tanpa mengalami kerusakan dan jauh lebih kuat. Meskipun demikian , jepang dan negara-negara eropa bagian barat serta negara lainnya mengembangkan perekonomian yang kuat dan dalam waktu yang cukup cepat dalam sejarah dan mata uang mereka semakin digunakan bersama-sama dengan atau ketimbang dolar AS.  Dan dolar AS di sebut mata uang konvertibel karena mata uang ini dapat di tukar di pasar
.
SEJARAH SINGKAT STANDAR EMAS

Emas adalah komoditas yang mempunyai suatu keunggulan yang sangat penting. Pada tanggal 22 desember 1717, sir isaac newton,pencetak uang logam inggris,menetapakan harga emas dengan tiga pounds,17 shilings,10,5 pencw per ons. Inggris pada waktu itu menggunakan standar emas itu dan bersedia mengkorversi emas dan mata uang, atau sebaliknya hingga perang dunia I, kecuali selama perang napoleon. Selama periode itu london merupakn pusat keuangan internasional yang dominan. Persetujuan IMF merupakan dasar bagi sistem moneter internasional sejak tahun 1945 hingga 1971 dan dijadikan aset cadangan sentral utama.

STANDAR TUKAR EMAS.

Menetapakan dolar  AS sebagai mata uang sentral dengan $35 per ons,dengan harga mana AS sepakat untuk membeli emas dari atau menjualnya kepada bank sentral lainnya. Di dalam standar emas ,pemerintah tidak dapat menciptakan uang tanpa di dukung emas.karena dengan berapa pun godaan untuk menciptakan uang lebih banyak untuk kepentingan politik,tanpa memperdulikan akibat ekonomi. Dengan demikian membuat emas merupakan aset cadangan bangsa,berdasarkan premis karena dolar AS tidak dapat dijadikan aset.

AKUNTANSI BERPASANGAN.

Tiga subtransaksi termasuk berjalan (curent account) yaitu:
·         Barang-barang  atau barang dagangan.
·         Jasa-jasa
·         Tranfer unilateral.

KEKUATAN DAN KELEMAHAN RELATIF MATA UANG.
Kekuatan dan kelemahan mata uang disebabkan oleh:
·         Neraca pembayaran
·         Perkembangan politik
·         Kepercayaan terhadap para pemimpin di negara itu.


PANORAMA BIG MACCURRENCIES.
  
Pasar uang dan valuta asing
Pasar uang adalah tempat di mana uang dapat di beli, dijual atau di pinjam.
Akhir pertumbuhan dan bahkan kemerosotan pasar-pasar devisa eropa dan amerika utara di sebabkan oleh beberapa faktor:
·         Munculnya uni moneter eropa menhentikan perdagangan di antara mata uang negara anggota, dan bahkan sebelum diberlakukanya mark jerman,franc prancis,mata uang negara lain hampir tidak bergerak terhadap satu sama lain.
·         Berhentinya bank sentral menargetkan kurs yang tidak teralisasi.
·         Mesin pialang mata uang elektronik yang di sediakan oleh para pialang elektronik reuter dan EBS.

SPESIAL DRAWING RIGHT (SDR)

                SDR di tetapkan oleh IMF sebagai nilai untuk menggantikan dolar sebagai aset cadangan.SDR mungkin merupakan suatu langkah menuju mata uang internasional yang sesungguhnya. Nilai SDR didasarkan berdasarkan atas sekeranjang 4 mata uang berikut:
·         AS$ (45)
·         EURO(29)
·         YEN JEPANG (15)
·         POUND INGGRIS (11)

Bobot ini sangat mencerminkan itu sangat mencerminkan arti penting relatif dari mata uang-mata uang itu dalam perdagangan dan pembayaran,berdasarkan atas nilai expor barang-barang dan jasa oleh negara anggota yang menerbitkan mata uang ini.

UERO MASA SEKARANG DAN MENGENAI PENERIMAAN OLEH NEGARA UNI EROPA.

Pada tanggal 1 januari 2002,euro menjadi mata uang sebagai alat pembayaran yang sah di 12 di antara 15 negara uni eropa. Mata uang nasional lama sekarang di kenal sebagai mata uang warisan. Dengan memiliki satu mata uang ketimbang 12 telah menyederhanakan perdagangan dan perjalanan serta mengurangi biaya pertukaran uang. adconglimboo

PERJANJIAN MAATRICHT

Isi dari perjanjian ini :
·         Menciptakan uero
·         Mengurus kebijakan keuangan
Ke 12 negara uni eropa yang mengapdosi uero telah menciptakan apa yang di sebut zona uero. Masing-masing dari 12 negara menyerahakan pengendalian kebijakan moneter kepada bank sentral eropa (ECB). ECB menetapakan kebijakan moneter untuk ke 12 negara itu atas dasar satu-ukuran-cocok-untuk-semua meskipun mereka sangat berbeda-beda dalam ukuran,kesejahteraan,tingkat inflasi, dan pengangguran.  


By conglimboo