MENILAI DAN MENGANALISIS PASAR


Penyaringan pasar
              
 Penyaringan pasar adalah analisis dan penilaian pasar yang memungkinkan manajemen untuk mengidentifikasikan sejimlah kecil pasar yang diinginkan dengan mengeliminasi pasar-pasar yang di anggap kurang menarik.

Dua jenis penyaringan

                Dua jenis prosedur penyaringan pasar. Prosedur pertama, yang dapat disebut sebagai penyaringan negara (country screening), mengambil Negara sebagai unit anlisis yang relevan. Prosedur kedua, yang dapat disebut sebagai penyaringan segmen (segment screening), didasarkan pada analisis subnasional atas kelompok pelanggan.

Penyaringan awal

Potensi kebutuhan dasar

                Penyaringan awal berdasarkan potensi kebutuhan dasar adalah langkah pertama yang logis, karena jika tidak ada kebutuhan, maka tidak ada satu pun mengorbankan usaha dan uang secara wajar akan memungkinkan perusahaan untuk memasarkan barang dan jasanya. Sebagai contoh, potensi kebutuhan dasar dari barang-barang tertentu tergantung pada berbagai kekutan fisik, seperti iklim, topografi dan sumber daya alam. Jika perusahaan itu memproduksi alat pengatur suhu udara (air conditioner-AC), maka analisis akan mencari Negara-negara yang memiliki iklim hangat. Para produsen dari traktor pertanian besar tidak akan mempertimbangkan swiss sebagai prospek yang memungkinkan karena daerahnya yang bergunung-gunung dan hanya Negara-negara yang diketahuai memiliki cadangan emas yang akan menjadi pelanggan potensial bagi peralatan penambangan emas.

By conglimboo