Pengertian asas-asas organisasi


        Istilah lain dari asas-asas organisasi adalah prinsip-prinsip organisasi atau principle of organization,dimana hendry fayol menyatakan istilah tersebut dengan principle of management yang sebenarnya isinya sama dengan principle organization.
        Asas atau prinsip dapat diartikan sebagai suatu pernyataan atau ketentuan yang bersifat mendasar yang dapat dijadikan pedoman dalam bertindak melaksanakan aktivitas – aktivitas sesutu organisasi. Jadi asas atau prinsip organisasi dapat dijadikan sebagai pedoman dalam proses 
keorganisasian.

AKTIVITAS DARI ASAS – ASAS ORGANISASI
Perumusan tujuan dengan jelas
       Tujuan adalah sesuatu yang ingin dicapai atau sesuatu yang diinginkan. Adanya sesuatu yang diinginkan atau keinginan mencapai tujuan inilah biasanya melatar belakangi berdirinya suatu organisasi. Agar supaya individu yang ada dalam organisasi mengetahuhi tujuan yang akan dicapai dan dapat bekerja sama dengan terarah, maka tujuan organisasi maupun tujuan setiap kegiatan di dalam organisasi sebaiknya dirumuskan dan dinyatakan dengan jelas.
      Perlu penulis dan pentingnya perumusan dengan jelas , diungkapkan oleh herbert G.hick,yaitu :
-          Tujuan akan membantu organisasi
-          Tujuan dibutuhkan untuk melakukan koordinasi
-          Untuk koordinasi langkah pertama adalah menetapkan tujuan organisasi yang ingin dicapai
-          Organisasi yang menginginkan persaingan yang efektif dan tumbuh terus menerus diperbaharui tujuannya
-          Tujuan adalah arah terakhir dimana semua kegiatan organisasi diarahkan.

Departemenisasi
     Departeminisasi atau departementalisasi adalah kegiatan menyusun satua – satuan  ( unit,bagian,departemen ) orgnisasi yang akan menangani tugas – tugas atau fungsi – fungsi tertentu atau kegiatan pengelompokan kegiatan kedalam bagian – bagian tertentu.
 Pembagian ini dapat dikelompokkan berdsarkan beberapa hal,antara lain :
1.      Departementalisasi fungsional
2.      Departementalisasi territorial
3.      Departementalisasi produk
4.      Departementalisasi pelanggan
5.      Departementalisasi campuran

Pembagian kerja
     Pembagian kerja, erat hubungannya dengan kegiatan departementalisasi, dimana tugas-tugas atau kegiatan ( pekerja ) dikelompokkan berdasarkan departemen ( bagian/unit kerja ) yang ada. Pembagian tugas didalam suatu organisasi merupakan yang seharusnya dilakukan oleh seorang pemimpin ( manager ), apalagi kalau organisasi tersebut semakin bertambah besar dan komplek.

Koordinasi
Manfaaat dari koordinasi
-          Dapat terjalin adanya kerja sama antar bagian
-          Dapat dihindari adanya perasaan lebih penting antar bagian
-          Dapat menciptakan adanya kesatuan langkah
Akibat kurangnya koordinasi
-          Masing – masing bagian saling melaksanakan tugasnya sendiri – sendiri tanpa memperhatikan kepentingan bagian yang lain
-          Sering terjadinya over lapping atau benturan pekerjaan



Perlimpahan wewenang
      Wewenang adalah hak dari seseorang untuk mengambil tindakan yang diperlukan agar tugas serta tanggung jawabnya dapat dilaksanakan dengan baik. Sedangkan perlimpahan berarti penyerahan.

Rentang kendali
      Rentang kendali atau rentangan kontrol, rentang pengawasan istilah lain dalam bahasa inggris “span of control” ,ada yang menyebutnya “span of authority, span of management, span of supervision.
      Rentang kendali adalah batasan jumlah bawahan yang langsung dapat dipimpin atau dikendalikan dengan baik oleh seorang pimpinan. Bawahan langsung adalah sejumlah karyawan yang berkedudukan secara langsung dibawah ( dipimpin ) seorang atasan tertentu.


Jenjang ( Hirarki ) struktur organisasi
     Jenjang organisasi atau tingkatan struktur organisasi  adalah tingkatan satuan organisasi ( level of management ) yang didalamnya terdapat pejabat, tugas dan wewenang tertentu yang sesuai dengan kedudukannyadar atas kebawah dalam fungsi ( bagian ) tertentu.

Macam – macam hubungan dalam jenjang organisasi
-          Hubungan menegak,terdiri dari :        
·         Menegak keatas
·         Menegak kebawah      
-           Hubungan mendatar
-          Hubungan diagonal terdiri dari :
·         Diagonal kebawah
·         Diagonal keata
                                                                                                                                                        
PENUTUP

Kesimpulan
      Setiap organisasi mempunyai asas -  asas yang dijadikan pedoman melaksakan aktivitasnya. Oleh karena itu seorang manajer atau pengelola organisasi harus mengerti dan melaksanakan asas-asas tersebut agar aktivitasnya ( kegiatan ) dari organisasi itu berjalan dengan lancar