PERDAGANGAN DAN INVESTASI LUAR NEGERI



Jika sifat dari barang atau jasa itu sedemikin rupa sehingga potensi kebutuhan dasarnya yang pasti tidak dapat di tetapkan dengan segera, maka para analisis dapat belajar volume II international trade statistics yearbook yang diterbitkan oleh united nations, mengenai Negara-negara mana saja yang mengespor dan mengimpor produk-produk yang dihasilkan oleh perusahaan mereka beserta dolarnya. Para analisis yang ingin mengetahui keman pesaing-pesaing amerika mengekspor produk-produknya dapt mengunjungi situs international trade administration (ITO) di internet ,www.ita.doc.gov. departemen perdangan AS juga memiliki laporan U.S exports of merchandise [ekspor barang dagangan AS] di nation trade data bank-NTDB [bank data perdagangan national], yang tersedia secara online dengan cara berlangganan.

Penyaringan kedua—kekuatan keuangan ekonomi

                Setelah penyaringan awal analis akan mempunyai daftar prospek yang jauh lebih pendek. Dafatar ini dapat dipersingkat lebih lanjut dengan penyaringan kedua berdasarkan kekuatan keuangan dan ekonomi. Tren dalam tingkat inflasi, nilai tukr dan tingkat suku bunga merupakan beberapa perhatian utama di bidang keuangan. Analisis hendaknya mempertimbangkan faktor-faktor keungan lainnya, seperti ketersediaan pinjaman, kebiasan membayar konsumen dan tingkat pengembalian dari investasi yang serupa. Ad conglimboo
                Data ekonomi dapat digunakan dengan sejumlah cara, tetapi dua ukuran permintaan pasar yang didasarkan pada data-data tersebut adaalh sangat berguna. Kedua ukuran tersebut adalah indicator pasar dan faktor pasar. Metode-metode lainnya untuk mengestimasikan permintaan tergantung pada data ekonomi adalah anlisis trend an analisis kelompok.

Penyaringan ketiga—kekuatan politik dan hokum

                Elemen-elemen dari kekuatan politik dan hokum yang dapat mengeliminasi suatu Negara dari pertimbangan lebih lanjut adalah bergam
·         Hambatan masuk
·         Hambatan pengiriman data
·         Stabilitas kebijakan

Penyaringan keempat—kekuatan sosiokultural

                Penyaringan terhadap para kandidat yang tersisa berdasarkan faktor sosiokultur adalah sangat sukar. Pertama, faktor-faktor sosiokultur adalah sangat subjektif. Kedua, data sulit untuk dikumpilkan, terutama dari jarak jauh. Anlisis tersebut, kecualijika ia adalah spesialis dinegara itu, harus mengandalkan pendapat orang lain. Adalh mungkin untuk menyewa konsultan, yang biasanaya``sudah kaya pengalaman``di negara atau diwilayah tersebut.
                Meskipun banyak kesulitan adalh mungkin bahwa imigran atau pelajar yang baru dating dari negar-negara asing dapat digunakan untuk memperjelas potensi maslah-masalah sosiokultural. Bahaya terbesar tentu saja adalah bahwa para imigran dan pelajar telah di pengaruhi oleh tempat tinggalnya di luar negeri. Oleh karena itu, mereka bukan lagi merupakan indicator yang dapt dipercaya mengenai reaksi yang mungkin diterima oleh produk anda dari para khayalayak ``dikampung halamannya``.

Penyarinagn kelima—kekuatan persaingan

Dalam penyaringan ini, analisis menilai pasar berdasarkan elemen-elemen dari kekuatan persaingan seperti:
1.       Jumlah, ukuran dan kekuatan keungan dari para pesaing
2.       Pangsa pasar mereka
3.       Strategi pemasaran mereka
4.       Efektifitas yang terlihat dari program-program promisi mereka
5.       Tingkat kualitas dari lini-lini produk mereka
6.       Sumber dari produk-produk mereka—di impor atau di produksi secara local
7.       Kebijakan penetapan harga mereka
8.       Tingkat layanan purnajual mereka
9.       Saluran-saluran distribusi mereka
10.   Lingkup pasr mereka

Penyaringan segmen

                Sebagaimana dikemukakan sebelumnya, ketik sautu perusahaan bermaksut untuk berbisnis di beberapa Negara, para manejr memilih dua pendekatan penyaringn psar yang luas: segmen negar atau segmen pasar. Pada pendekatan pertama, ``brasil`` bisa dipandang sebagai srgmen pasar yang ditargetkan. Menggunakan pendekatan kedua, sementara brasil merupakan lokasi fisik dan sekelompok besar konsumen, variabel penting untuk segmentasi adalah kesamaan dalm kebutuhan dan keingina diantara para pelanggan lintas Negara.
                Karena dunia cenderung diorganisasikan secara mental berdasrkan Negara, manusia secara alamiah cenderung ingin meneliti pasar sebagai segmen Negara. Adalah jauh lebih sukar untuk membayangkan segmen pasar yang melintasi batas-batas Negara.
Ada  beberapa di antara criteria untuk segmen ini adalah bahwa data tersebut seharusnya:
1.       Dapat didefinisikan. Kita harus dapat mengidentifiksikan dan mengukur segmen.
2.       Besar. Segmen sebaiknya cukup besar agar sesuai dengan usaha yang diperlukan untuk melayani suatu segmen
3.       Dapt diakses. Jika kita secara hrafiah tidak dapt menjangkau segmen target kita baik untuk tujuan promosi maupun distribusi, maka kita akan gagal.
4.       Dapat dilakukan. Jika kita tidak dapt membwa komponen-komponen dari program pemasaran (produk, promosi, tempat dan harga) untuk menunjang pemasaran, maka kita tmungkin tidak akan berhasil
5.       Dapat ditangka. Walaupun kita ingin menemukan segmen pasar yang kebutuhannya bener-bener belom terpenuhi, dalam banyak hal segmen pasar ini telah di layani.

By conglimboo