FAKTOR-FAKTOR PENDORONG MEMASUKI PASAR GLOBAL


1.       Rigional Economics Agreement

·         Harlequin mampu mengibarkan diri menjadi penerbit novel terakbar di dunia.
·         Tak mengherankan, pada kuartal IV/2008 laba Harlequin Enterprises.
·         Sejarah membuktikan di tengah kenyataan hidup yang memberat – maraknya PHK, banyaknya penyitaan (rumah, mobil) karena gagal bayar, terpuruknya investasi (termasuk dana pension) – khalayak memerlukan suatu yang menghibur walaupun itu hanya impian kosong.
·         Di tengah kenyataan hidup yang nyaris tak tertahankan itu khalayak memerlukan pelarian.
·         Harlequin menguasai hak distribusi untuk seluruh kawasan Amerika Utara 78% penjualan berasal dari Canada.
·         Tahun 2010 diprediksi akan menjadi awal dari kebangkitan ekonomi dunia setelah mengalami krisis global.
·         Untuk itu Harlequin mengharuskan 1200an penulisnya di seluruh dunia menggunakan nama pena-dan nama yang bukan sebenarnya ini menjadi “milik “ perusahaan.

2.       Market Needs and Wants

·         Di tengah krisis ekonomi yang kian mengimpit, cerita cinta yang menguras air mata tetapi berujung bahagia itu, setidaknya sebagai bisnis ternyata mampu bertahan.
·         Harlequin Enterprises penerbit terbesar genre buku yang terutama digandrungi kaum hawa.
·         Minat khalayak terhadap buku fiksi untuk kalangan pembaca dewasa cenderung turun pada tahun lalu.
·         Factor lain yang membuat novel roman punya daya tarik lebih di masa sulit seperti saat ini.
·         Mengikuti selera pasar novel roman Harlequin dengan cepat merebut perhatian khalayak.
·         Kendati demikian Harlequin melakyukan upaya ekstra guna mengupayakan novel roman Mills and Boon yang mereka terbitkan diterima pasar.ad conglimboo

3.       Teknologi

·         Kemudahannya diperoleh dalam bentuk produk masal – buku sampul tipis berukuran kecil yang dijajakan di rak-rak grocery stores dan supermarket.
·         Bonnycastle melakukan uji coba membandingkan penerimaan pasar buku yang dia sudah baca dengan pilihan istri dan putrinya.
·         Penyeragaman dimensi fisik juga sampul tidak hanya memangkas biaya (kertas percetakan, penyimpanan) tetapi juga memberikan identitas produk yang kuat.

4.       Communication and Transportation Improvement

·         Ketika bisnis tak kunjung membaik weld juga hengkang dan meyerahkan sahamnya kepada sang pengacara.
·         Bonnycastle memberikan saham weld 25% kepada Ruth Palmour skretaris yang menjadi motor internal perusahaan.
·         Harlequin mengambil hak distribusi buku-buku roman terbitan mills and Boon.
·         Dia mengarahkan Harlequin untuk menerbitkan buku-buku Mills and Boon boleh dibilang karena “kebetulan” perempuan ini adalah penggemar novel roman terbitan Inggris tersebut.
·         Mary dan putrinya yang bertanggung jawab terhadap editorial menyaring secara ketat novel yang mana yang layak diterbitkan.
·         Keduanya menolak buku yang kelewatan explicit menggambarkan esek-esek.

5.       Product Development Cost

·         Penjualan kami pada kuartal I/2009 juga menguat.
·         Produk masal harganya juga lebih bersaing.
·         Sejak awal Harlequin menangguk penjualan yang lumayan kendati demikian karena marginnya tipis laba yang ditangguk tak terlalu gemuk sehingga keuangan mereka juga pas-pasan.
·         Keluarganya dengan enteng melepas saham Harlequin yang mereka kuasai 25% ke Bonnycastle.

6.       Quality

·         Penjualan novel yang sering dicibir sebagai roman picisan terus melejit.
·       Apa yang membuat roman yang digandrungi sementara daya tarik buku genre lainnya memudar layaknya barang (dan jasa non primer) di tengah resesi.
·         Heisey yang piawai menangani produk retail itu menjalankan jurus-jurus yang dia tahu telah berhasil membuat produk-produk P&G yang juga direferensi terhadap setiap lini produk.
·         Dengan formulanya yang baku Harlequin menciptakan system yang mengubah penulisan novel dari art jadi semacam science.

7.       World Economics Trend

·         Strategi pemasaran masal tersebut berhasil mendorong khalayak cenderung membeli novel roman dalam jumlah jauh lebih banyak ketimbang buku sastra, bahkan novel pop genre lainnya.
·         Saat itu genre buku yang diterbitkan Harlequin masih gado-gado. Novel roman tepatnya roman yang mengambil rumah sakit sebagai setting dan orang-orang di dalamnya sebagai tokoh cerita alias medical romance.

8.       Leverage

·         Laba harlequin meroket 32% dibanding periode yang sama pada tahun berikut.
·         Tetapi penjualan buku kategori Romance meningkat 70% setelah datar-datarsaja selama 4 tahun sebelumnya.
·         Barnes & Noble (B&N) juga melaporkan pada 3 bulan pertama 2009 penjualan buku roman meningkat 2,4% di tengah penurunan penjualan buku fiksi dewasa pada umumnya.
·         Dan angka ini belum menggambarkan kinerja yang sebenarnya.



 By conglimboo