1. Rigional Economics Agreement
· Harlequin mampu mengibarkan diri menjadi penerbit novel terakbar di dunia.
· Tak mengherankan, pada kuartal IV/2008 laba Harlequin Enterprises.
· Sejarah membuktikan di tengah kenyataan hidup yang memberat – maraknya PHK, banyaknya penyitaan (rumah, mobil) karena gagal bayar, terpuruknya investasi (termasuk dana pension) – khalayak memerlukan suatu yang menghibur walaupun itu hanya impian kosong.
· Di tengah kenyataan hidup yang nyaris tak tertahankan itu khalayak memerlukan pelarian.
· Harlequin menguasai hak distribusi untuk seluruh kawasan Amerika Utara 78% penjualan berasal dari Canada.
· Tahun 2010 diprediksi akan menjadi awal dari kebangkitan ekonomi dunia setelah mengalami krisis global.
· Untuk itu Harlequin mengharuskan 1200an penulisnya di seluruh dunia menggunakan nama pena-dan nama yang bukan sebenarnya ini menjadi “milik “ perusahaan.
2. Market Needs and Wants
· Di tengah krisis ekonomi yang kian mengimpit, cerita cinta yang menguras air mata tetapi berujung bahagia itu, setidaknya sebagai bisnis ternyata mampu bertahan.
· Harlequin Enterprises penerbit terbesar genre buku yang terutama digandrungi kaum hawa.
· Minat khalayak terhadap buku fiksi untuk kalangan pembaca dewasa cenderung turun pada tahun lalu.
· Factor lain yang membuat novel roman punya daya tarik lebih di masa sulit seperti saat ini.
· Mengikuti selera pasar novel roman Harlequin dengan cepat merebut perhatian khalayak.
· Kendati demikian Harlequin melakyukan upaya ekstra guna mengupayakan novel roman Mills and Boon yang mereka terbitkan diterima pasar.ad conglimboo
3. Teknologi
· Kemudahannya diperoleh dalam bentuk produk masal – buku sampul tipis berukuran kecil yang dijajakan di rak-rak grocery stores dan supermarket.
· Bonnycastle melakukan uji coba membandingkan penerimaan pasar buku yang dia sudah baca dengan pilihan istri dan putrinya.
· Penyeragaman dimensi fisik juga sampul tidak hanya memangkas biaya (kertas percetakan, penyimpanan) tetapi juga memberikan identitas produk yang kuat.
4. Communication and Transportation Improvement
· Ketika bisnis tak kunjung membaik weld juga hengkang dan meyerahkan sahamnya kepada sang pengacara.
· Bonnycastle memberikan saham weld 25% kepada Ruth Palmour skretaris yang menjadi motor internal perusahaan.
· Harlequin mengambil hak distribusi buku-buku roman terbitan mills and Boon.
· Dia mengarahkan Harlequin untuk menerbitkan buku-buku Mills and Boon boleh dibilang karena “kebetulan” perempuan ini adalah penggemar novel roman terbitan Inggris tersebut.
· Mary dan putrinya yang bertanggung jawab terhadap editorial menyaring secara ketat novel yang mana yang layak diterbitkan.
· Keduanya menolak buku yang kelewatan explicit menggambarkan esek-esek.
5. Product Development Cost
· Penjualan kami pada kuartal I/2009 juga menguat.
· Produk masal harganya juga lebih bersaing.
· Sejak awal Harlequin menangguk penjualan yang lumayan kendati demikian karena marginnya tipis laba yang ditangguk tak terlalu gemuk sehingga keuangan mereka juga pas-pasan.
· Keluarganya dengan enteng melepas saham Harlequin yang mereka kuasai 25% ke Bonnycastle.
6. Quality
· Penjualan novel yang sering dicibir sebagai roman picisan terus melejit.
· Apa yang membuat roman yang digandrungi sementara daya tarik buku genre lainnya memudar layaknya barang (dan jasa non primer) di tengah resesi.
· Heisey yang piawai menangani produk retail itu menjalankan jurus-jurus yang dia tahu telah berhasil membuat produk-produk P&G yang juga direferensi terhadap setiap lini produk.
· Dengan formulanya yang baku Harlequin menciptakan system yang mengubah penulisan novel dari art jadi semacam science.
7. World Economics Trend
· Strategi pemasaran masal tersebut berhasil mendorong khalayak cenderung membeli novel roman dalam jumlah jauh lebih banyak ketimbang buku sastra, bahkan novel pop genre lainnya.
· Saat itu genre buku yang diterbitkan Harlequin masih gado-gado. Novel roman tepatnya roman yang mengambil rumah sakit sebagai setting dan orang-orang di dalamnya sebagai tokoh cerita alias medical romance.
8. Leverage
· Laba harlequin meroket 32% dibanding periode yang sama pada tahun berikut.
· Tetapi penjualan buku kategori Romance meningkat 70% setelah datar-datarsaja selama 4 tahun sebelumnya.
· Barnes & Noble (B&N) juga melaporkan pada 3 bulan pertama 2009 penjualan buku roman meningkat 2,4% di tengah penurunan penjualan buku fiksi dewasa pada umumnya.
· Dan angka ini belum menggambarkan kinerja yang sebenarnya.
By conglimboo