INFORMASI SEBAGAI SALAH SATU FAKTOR PENTING PENENTU KEBERHASILAN


 SISTEM PEMROSESAN TRANSAKSI

Aktifitas-aktifitas terpenting tersebut adalah CSF. Faktor-faktor ini dapat berbeda-beda dari satu jenis organisasi ke jenis organisasi yang lain. Sebagai contoh dalam industry kendaraan bermotor yang di yakini sebagai CSF adalah model.

Istilah ini digunakan untuk menjelaskan system informasi yang mengumpulkan data yang menguraikan aktifitas perusahaan, mengubah data menjadiinformasi, dan menyediakan informasi tersebut bagi para pengguna yang terdapat di dalam maupun di luar perusahaa.

TINJAUAN SISTEM

Seluruh system di tunjukkan oleh kotak yang di beri label “system distribusi” yang berada di tengah. Unsur-unsur system dari ditribusi meliputi pelanggan, pemasok, ruang suplayer persedian bahan baku, dan menejemen. Arus data yang menghubungkan perusahaan denga para pelanggannya cukup mirip dengan arus yang menghubungkan perusahaan dengan para pemasoknya.

SUBSISTEM-SUBSISTEM UTAMA DARI SISTEM DITRIBUSI

Subsistem di tentukan mulai kotak-kotak tegak yang di beri nomor. Subsistem yang pertama berhubungan dengan pemenuhan pesanan pelanggan, yang kedua dengan pemesanan penggantian persediaan dari pemasok, dan yang ketiga dengan pemeliharaan buku besar perusahaan.


SISTEM YANG MEMENUHI PESANAN PELANGGAN

·         Pesanan
·         Persediaan

System yang memesan persedianan pengganti

·         System pembelian
·         System penerimaan
·         System utang dagang

SISTEM YANG MENJALANKAN PROSES BUKU BESAR

System buku besar adalah system akutansi yang menggabungkan data dari system-sistem akutansi yang lain dengan tujuan untuk menyajikan gambaran keuangan operasi perusahaan secara gabungan. System memperbarui buku besar akan membukukan catatan-catatan yang menguraikan berbagai tindakan dan trasaksi kedalam buku besar. System pembuatan laporan menejemen menggunakan isi buku besar untuk membuat neraca dan laporan laba rugi serta laporan lainnya.ad conglimboo

MENEMPATKAN SISTEM PEMROSESAN TRANSAKSI DALAM PERSPEKTIF

System pemrosesan transaksi adalah system pemrosesan utama yang terkomputerisasi. System ini juga berperan sebagai fondasi dari semua aplikasi yang lain.

SISTEM INFORMASI PEMASARAN

System informasi pemasaran memberikan informasi yang berhubungan dengan aktifitas pemasaran perusahaan.
Subsistem output
·         Bauran pemasaran
·         Subsistem produk
·         Subsistem lokasi
·         Subsistem promosi
·         Subsistem harga
·         Subsistem bauran terintegrasi
Subsistem input
·         System pemrosesan transaksi
·         Subsistem riset pemasaran
·         Subsistem inteligensi pemasaran

SISTEM INFORMASI SUMBER DAYA MANUSIA

Memberikan informasi kepada seluruh manager perusahaan yang berkaitan dengan sumber daya manusia perusahaan.

SISTEM INFORMASI MANUFAKTUR

Memberikan informasi kepada seluruh manager perusahaan yang berkaitan dengan operasi manufaktur perusahaan.

SISTEM INFORMASI KEUANGAN

Memberikan informasi kepada seluruh manager perusahaan yang berkaitan dengan aktifitas keuangan perusahaan.

SISTEM INFORMASI EXSEKUTIF

Adalah suatu system yang memberikan informasi kepada para manager di tingkat yang lebih tinggi atas kinerja perusahaan secara keseluruhan.

MENEJEMEN HUBUNGAN PELANGGAN

Adalah menejemen hubungan antara pelanggan sehingga baik perusahaan maupun pelanggannya akan menerima maksimum dari hubungan ini.

KARAKTERISTIK DATA WAREHOUSE

Istilah data warehouse (gudang data) telah diberikan untuk menjelaskan penyimpanan data yang memiliki karakteristik sebagai berikut :
·         Kapasitas penyimpanannya sangat besar
·         Data dapat di ambil dengan mudah
·         Data sepenuhnya digunakan untuk mengambil keputusan dan tidak di gunakan dalam operasi perusahaan sehari-hari.

DATA WEARHOUSING

Adalah bagian utama dari data warehouse yang memasukkan data ke dalam gudang,mengubah isinya menjadi informasi dan menyediakan informasi tersebut kepada para pengguna.

BAGAIMANA DATA DISIMPAN DALAM TEMPAT PENYIMPANAN DATA WAREHAOSE

Tabel dimensi
Mengartikan pemikiran bahwa data tersebut dapat menjadi basis untuk melihat data dari berbagai sudut pandang atau objek pelanggan.
Tabel fakta
Berisikan ukuran-ukuran kuantitatif sebuah entitas,objek,atau aktifitas.tabel fakta diberikan mangenai satu aktifitas tertentu-penjualan komersial.
Paket informasi
Mengidentifikasi semua dimensi yang digunakan dalam analisis sustu aktivitas tertentu.
Skema bintang
·         Unit usaha penjualan actual menurut kode pos pada suatu bulan tertentu.
·         Perbandingan jumlah komisi penjualan menurut wilayah penjualan selama dua kwartal terakir.


PENYAMPAIAN INFORMASI

Adalah system penyampaian informasi yang mendapatkan data dari tempat penyimpanan data ,mengubahnya menjadi informasi dan menjadikan informasitersebut tersedia bagi para pelanggan.
DATA MINING

Adalah proses menekaan hubungan dengan dalam data yang tidak diketahui oleh pengguna.

VERIFIKASI HIPOTESIS

Satu pendekatan adalah bagi para menager untuk mengidentifikasikan karakteristik-karakteristik yang mereka percaya akan di miliki oleh anggota sasran tersebut.kelemahan dari vertikasikan hipotesis proses pengambilan akan sepenuhnya dipandu oleh pengguna.
Kinerja dalam beberapa area operasi perusahaan dapat menentukan kesuksesan atau kegagalan.area-area inin yang di sebut juga factor-faktor penting penentu keberhasilan. Akan berbeda dari suatu perusahaan yan lain namun cenderung akan mengikuti pola-pola tertentu berdasarkan bidang industrinya.

By conglimboo