MODEL PERILAKU KONSUMEN DALAM PEMBELIAN PAKAIAN PADA MASYARAKAT EKONOMI KE BAWAH DAN MENENGAH KE ATAS


Proses keputusan konsumen dapat diklasifisikan secara garis besar kedalam 3 tahap, yaitu :
  • Pra pembelian
  • Konsumsi
  • Evaluasi purnabeli
Tahap prapembelian mencakup semua aktifitas konsumen yang terjadi sebelum terjadinya transaksi pembelian dan pemakaian jasa. Tahap ini meliputi tiga proses yakni :
  • Identifikasi kebutuhan
  • Pencarian informasi
  • Evaluasi alternatif
Tahap konsumsi merupakan tahap proses keputusan konsumen, dimana konsumen membeli dan menggunakan produk atau jasa. Sedangkan tahap evaluasi purnabeli merupakan tahap proses pembuatan keputusan konsumen sewaktu konsumen menentukan apakah ia telah membuat keputusan pembelian yang tepat. 

Model Perilaku Konsumen Dalam Pembelian Pakaian
  • Konsumen (pengguna) dengan ekonomi rendah.
Semisal masyarakat yang ekonominya rendah cenderung memilih pakaian yang fungsi pakaian pada umumnya yaitu memberikan kenyamanan saat dipakai dan tidak melihat dari sisi merk atau bahan bakunya. Tapi terkadang konsumen dalam jumlah kecil yang memperhatikan merk dan bahan baku dengan mempertimbangkan harga, contohnya seperti diskon. Ad conglimboo
  • Konsumen (pengguna) dengan ekonomi menengah ke atas.
Semisal masyarakat yang ekonominya menengah ke atas dalam pembelian pakaian terdapat banyak pertimbangan. Kebanyakan masyarakat tersebut lebih memilih pakaian dengan merk yang terkenal, dan pastinya dengan harga yang tidak murah. Dan tidak terlalu mementingkan fungsi dari pakaian tersebut. Masyarakat menengah ke atas dalam memilih pakaian lebih mementingkan kualitas dan bahan baku. Contoh, merk Adidas terkenal karena kualitas dan merk yang menurut benak masyarakat sudah memiliki mutu yang baik. Walaupun Adidas terkenal dengan harga yang relatif mahal, masyarakat ini akan tetap membelinya.

Keputusan Menurut Pribadi

Dalam mengambil keputusan membeli pakaian menurut pendapat saya yaitu, mempertimbangkan kualitas dan kenyaman pakaian tersebut saat digunakan. Tetapi juga harus memperhatikan bahan baku dan merk, asal pembeliannya tidak terlalu mahal dan sesuai dengan kemampuan masing-masing.

By conglimboo