PERBEDAAN UTAMA ANTARA SEMUA MODEL CORE I7 DAN PENJELASANNYA SECARA LENGKAP


Core i7 adalah serangkaian CPU yang diproduksi oleh Intel yang ditujukan untuk komputer high-end. Dalam tutorial ini, kita akan menyajikan serangkaian tabel referensi cepat bagi Anda untuk membandingkan perbedaan utama antara semua model dirilis sejauh ini.
Saat ini, ada dua generasi yang berbeda dari CPU sekitar, menggunakan mikroarsitektur internal yang sama sekali berbeda. Para 6xx, 7xx, 8xx, 9xx dan model didasarkan pada arsitektur mikro "Nehalem" dan juga dikenal sebagai "generasi pertama," sedangkan 26xx, 27xx, 28xx, 29xx dan model didasarkan pada arsitektur mikro "Sandy Bridge" dan juga dikenal sebagai "generasi kedua."

Di masa lalu, prosesor Intel menggunakan kontroler memori eksternal terletak di chip north bridge (juga dikenal sebagai Memory Controller Hub, KIA). Ini berarti bahwa dengan menggunakan arsitektur CPU yang lebih tua, chipset (dan karena itu, motherboard) adalah komponen yang menentukan jenis dan jumlah memori Anda dapat menginstal di komputer. Dengan garis Core i prosesor, memory controller yang tertanam di CPU, dan itu adalah prosesor (dan bukan chipset) yang menentukan jenis dan jumlah memori Anda mungkin telah terinstal di sistem anda. Motherboard, bagaimanapun, mungkin memiliki keterbatasan pada jumlah memori yang Anda dapat menginstal.

Memory controller terintegrasi dalam Core i7 hanya menerima kenangan DDR3, mendukung arsitektur dual-channel (triple-channel pada soket 1366 model) sekarang standar hingga 1,6 V. Modul memori yang membutuhkan tegangan yang lebih tinggi dari ini tidak akan bekerja dan bahkan dapat merusak prosesor. Kecepatan yang didukung akan tergantung pada model CPU, karena kami akan hadir di halaman-halaman berikutnya.

Socket model 1366 menggunakan arsitektur triple-channel memory, yang berarti bahwa mereka akses tiga modul memori pada waktu yang sama. Jadi, dengan CPU ini, Anda harus menginstal setidaknya tiga modul memori untuk mencapai performa maksimal dapat mereka berikan. Arsitektur ini menyediakan meningkatkan bandwidth 50% dibandingkan dengan arsitektur dual-channel. Sebagai contoh, DDR3-1066 kenangan bekerja pada mode dual channel memiliki transfer rate maksimum teoritis dari 17 GB / s, sedangkan jika bekerja di saluran triple mereka memiliki transfer rate maksimum teoritis 25,5 GB / s.

Core i7 CPU (kecuali model soket 1366) juga memiliki PCI Express 2.0 tertanam controller, sehingga dengan prosesor, kartu video terhubung langsung ke CPU, yang dalam teori dapat meningkatkan bandwidth praktis dicapai. CPU ini dapat mengakses satu kartu video pada transfer rate x16 atau dua pada setiap kecepatan x8. Karena dalam model-model PCI Express 2.0 controller terintegrasi di dalam CPU, Intel memutuskan untuk menggunakan bus kecepatan rendah yang disebut DMI (Digital Media Interface), yang beroperasi pada 1 GB / s (generasi pertama Core i7) atau 2 GB / s (generasi kedua Core i7) di setiap arah, untuk menghubungkan CPU ke chipset. Bus ini digunakan untuk menghubungkan chip north bridge ke south bridge chip pada chipset sebelumnya dari Intel. Bukan masalah bandwidth rendah, karena bus bandwidth tinggi tidak lagi diperlukan mengingat bahwa kartu video dan memori sekarang terhubung langsung ke CPU.ad conglimboo

Socket 1366 model tidak memiliki PCI Express 2.0 tertanam controller, dan komponen ini terletak di chip north bridge dari chipset. Karena itu, ia menggunakan bus berkecepatan tinggi yang disebut QuickPath Interface (QPI) untuk terhubung dengan chip ini. Bus ini bekerja pada 2,4 GHz (4,8 GB / s) pada Core i7 dan 3,2 GHz (6,4 GB / s) pada prosesor Core i7 Ekstrim.
Beberapa model Core i7 memiliki kontroler video terintegrasi. Pada model ini, video on-board dikendalikan oleh CPU dan bukan oleh chipset motherboard.
Core CPU i7 memiliki clock dasar dari mana semua jam lainnya berasal. Jam dasar default adalah 133 MHz untuk semua generasi pertama model dan 100 MHz untuk semua generasi kedua model.
Core i7 memiliki teknologi Turbo Boost, yang merupakan fitur overclocking otomatis (yaitu, CPU meningkatkan clock rate nya di atas angka resmi ketika itu "merasa" bahwa sistem ini memerlukan kekuatan pemrosesan lebih).

Fitur teknis utama dari prosesor Core i7 meliputi:
  • ·         Nehalem (6xx, 7xx, 8xx, 9xx dan) atau Sandy Bridge (26xx, 27xx, 28xx, dan 29xx) mikroarsitektur
  • ·         64 KB L1 cache (32 KB + 32 KB Data instruksi) per inti
  • ·         256 KB L2 cache per core (diubah namanya menjadi "menengah tingkat cache" atau "MLC" dalam mikroarsitektur Sandy Bridge)
  • ·         Antara 4 MB dan 12 MB shared L3 cache memory (diubah namanya menjadi "terakhir tingkat cache" atau "LLC" dalam mikroarsitektur Sandy Bridge), tergantung pada model.
·         Dual-core, quad-core dan enam-core teknologi
·          
Socket 1156 atau 1366 pada Nehalem berbasis model desktop, soket 1155 pada Sandy Bridge berbasis model desktop, soket 988 atau 1288 di Nehalem berbasis model ponsel, soket 988, 1023 dan 1224 pada Sandy Bridge berbasis model ponsel
·         DMI bus (1 GB / s per arah pada model berbasis Nehalem atau 2 GB / s per arah pada Sandy Bridge berbasis model), kecuali pada soket 1366 model
·         QPI bus pada soket 1366 model
·         Memori controller terintegrasi mendukung kenangan DDR3 di arsitektur dual-atau triple-channel (lihat halaman berikut untuk kecepatan yang didukung)
  • ·         Terintegrasi kontroler PCI Express 2.0 (x16 satu jalur atau dua jalur x8), kecuali soket 1366 model
  • ·         Terpadu DirectX 10 (Nehalem berbasis model) atau DirectX 10.1 (Sandy Bridge berbasis model) prosesor video
  • ·         Intel Turbo Boost Technology
  • ·         Teknologi virtualisasi
  • ·         Intel EM64T teknologi
  • ·         Hyper-Threading (HT) teknologi
  • ·         SSE4.2 set instruksi
  • ·         AES-NIS set instruksi
  • ·         AVX (Advanced Vector Extensions) set instruksi (model Sandy Bridge saja)
  • ·         Execute Disable Teknologi
  • ·         Peningkatan Teknologi SpeedStep
  • ·         45-nm atau 32-nm proses manufaktur
Untuk penjelasan lebih rinci tentang prosesor Core i7 dengan segala perbedaan antara mikroarsitektur Nehalem mikroarsitektur dan Sandy Bridge, silahkan baca "Di dalam mikroarsitektur Nehalem Intel" dan "Di dalam mikroarsitektur Intel Sandy Bridge" tutorial.

Mari kita sekarang mengambil melihat model Core i7 semua diluncurkan sejauh ini.