SYSTEM MANAJEMEN BASIS DATA


ORGANISASI DATA

Computer pada awalnya digunakan untuk memecahkan masalah-masalah yang membutuhkan kalkulasi angka yang rumit dan membosankan.

HIERARKI DATA

Adalah sekumpulan file. Definisi umum dari basis data adalah bahwa basis data merupakan sekumpulan dari seluruh data berbasis computer sebuah perusahaan.

SPREADSHEET SEBAGAI BASIS DATA SEDERHANA.

                Konsep table merupakan konsep yang penting karena struktur basis data yang paling populer bagi organisasi bisnis,struktur basis data relasional.

FLAT FILES

Flat files data adalah suatu table yang tidak memiliki kolom-kolom yang berulang.kolom-kolom yang berulang melanggar persyaratan bagi file data dikarenakan computer  secara filied secara berulang.

FIELD-FLIED KUNCI

Kunci (key) didalam suatu table adalah salah satu fiel yang berisikan satu nilai yang secara unik mengidentifikasiakan masing-masing record didalam table. Ini artinya bahwa setiap baris dalam table akan terindetifikasikan secara unik.ad conglimboo

STRUKTUR BASIS DATA

Struktur basis data adalah cara data diorganisasi agar pemprosessan data menjadi lebih baik.struktur ini kemudian diimplimasiakan melalui suatau system basis data.
Sistem manajemen basis data
Adalah suatu aplikasi peranti lunak yang menyimpan setruktur basis data, data itu sendiri,  hubungan dengan data-data lainnya.

STRUKTUR  BASIS DATA HIERARKI

System manajemen basis data IDS mengikuti struktur basis data hierarkis. struktur hierarki ini dibentuk oleh kelompok-kelompok dat,subkelompok dan beberapa sub kelompok lain.alsan lain dibalik populerannya adalah karena struktur hierarki memanfaatkan sumber daya computer secara efisien.

STRUKTUR BASIS DATA JARINGAN

Struktur ini dikembangkan untuk memungkinkan penarikan record tertentu. Struktur jaringan ini memecahkan permasalahan keharusan untuk menarik balik hingga kembali ke cabang yang menyatukan basis data.

STRUKTUR BASIS DATA RELASIONAL

Organisasi bisnis tidak pernah secara luas menerapkan menerapkan system manajemen basis data yang dibangun berdasarkan struktur jaringan. Namun organisasi masih membutuhkan cara untuk mengatasi masalah-masalah manajerial dalam penggunaan basis data. Masalah lainnya adalah bahwa table-table di bagian cabang yang lebih jauh ke bawah hanya dengan dapat dihubungkan ke satu table lainnya.
Contoh basis data relasional
  • ·         Basis data jadwal
  • ·         Konsep basis data
MEMBUAT BASIS DATA

  • ·         Menentukan kebutuhan data
  • ·         Teknik-teknik pemodelan data
  • ·         Diagram relasi entitas
  • ·         Diagam kelas

MENGGUNAKAN BASIS DATA

·         Laporan dan formulir
Perbedaan terbesar antara laporan dan fomulir adalah dalam formatnya

Bahasa query terstruktur

Adalah kode yang digunakan oleh manajemen basis data relasional untuk mengerjakan pekerjaan basis data nya. SQL telah menjadi topic utama yang paling penting karena kedua alasan yang pertama seiring dengan banyaknya data yang diakses.

PERSONAL BASIS DATA

Terdapat beberapa personel penting dengan basis data . Admistrator basis data  :
  • ·         Perencanaan basis data
  • ·         Implimentasi basis data
  • ·         Opersaibasis data
  • ·         Keamanan basis data



By conglimboo