PERENCANAAN STRTEGI GLOBAL


Mengapa membuat rencana secara global?

                Karena tantantangan-tantangan yang telah disebutkan sebelumnya, banyak perusahaan internasional memganggap perlu untuk menyusun rencana strategis global secara formalguna menyediakan suatu wahana bagi manajemen puncak untuk mengidentifikasikan peluang dan ancaman dari seluruh dunia, memformulasikan strategi untuk menanganinya, dan menentukan bagaimana akan mendanai penerapan strategi tersebut. Rencanaini menyediakan dasar yang menyeluruh dan sistematis untuk membuat keputusan mengenai sumber daya dan kompetensi yang akan dikembangkan, kapan dan bagaimana hal itu akan dilakukan, sertabagaimana menggunakan kompetensi tersebut untuk mencapai keunggulan kompetitif
·         Standardisasi dan perencanaan
·         Proses perencanaan global
·         Proses perencanaan global dan domestic adalah serupa
·         Menganalisis lingkungan domestik, internasional dan asing
·         Menganalisis variabel-variabel perusahaan yang dapat dikendalikan

Mendefinisikan bisnis,visi dan pernyataan misi milik perusahaan

                Pernyataan-pernyataan yang luas ini mengkomunikasikan kepada para pemangku kepentingan perusahaan (karyawan, pemegang saham, pemerintah, pemasok dan pelanggan) mengenai apa sebenarnya perusahaan itu dan kemana perusahaan tersebuut akan menuju. Beberapa perusahaan menggabungkan kedua atau ketiga-tiganya, sementara perusahaan-perusahaan yang lain memiliki pernytaan yang terpisah. Direktur dari perencanaan di 3M yakin bahwa``pernyataan misi biasanya mendefinisikan lingkup dari apa yang anda lakukan, sementara visi sebaiknya merupakan citra yang bersemangat dan mendorong dari tujuan perusahaan.``adconglimboo

Menetapkan tujuan perusahaan

                McDonald`s menyatakan bahwa visinya adalah untuk menjadi pengalaman restoran cepat saji terbaik di dunia. Menjadi wahana yang terbaik dalam menyediakan mutu, layanan, kebersihan, dan nilai yang luar biasa, sehingga kami dapat membuat setiap pelanggan di setiap restoran kami tersenyum. Untuk mencapai visi ini, perusahaan focus pada tiga tujuan tingkat dunia:
1.       Menjadi pemberi pekerja yang terbaik bagi karyawannya di setiap komunitas di seluruh dunia
2.       Memberikan keunggulan operasional ke pelanggan di setiap restorannya
3.       Untuk mencapai pertumbuhan yang menguntungkan dan berkesinambungan dengan mengembangkan merek dan meningkatkan kekuatan system McDonald`s melalui inovasi dan teknologi.

Misi intel adalah melakukan pekerjaan yang besar bagi pelanggan, karyawan dan
Pemegang saham kami dengan menjadi pemasok balok bangunan b       agi perekonomian internet dunia. Tujuan perusahaan tersebuat adalah
1.       Untuk membuat intel menjadadi platform computer nomer satu dimanapun di internet
2.       Untuk menumbuhkan busnis baru bagi intel yang focus pada internet
3.       Untuk menjadi terbaik dalam intel basic.
               
Desain organisasi

                Desain organisasi pada umumnya mengikuti perencanaan karena organisasi harus menerapkan rencana strategis. Proses perencanaan itu sendiri , karena menckup suatu analisis atas lingkungan eksternal maupun kekuatan dan kelemanhan perusahaan, seringkali mengungkapkan suatu kebutuhan untuk mengubah organisasi.

Keprihatinan terhadap desain organisasi

Dua dari keprihatinan yang dihadapi oleh manajemen dalam mendesain struktur organisasi adalah:
1.       Menemukam cara yang paling efektif untuk melakukan departementalisasi guna memanfaatkan efisiensi yang diperoleh dari spesialisasi tenaga kerja
2.       Mengoordinasikan aktivitas-aktivitas dari departemen-departemen tersebut guna memampukan perusahaan mencapai tujuannya secara keseluruhan.


By conglimboo