SUMBER DAYA KOMPUTASI DAN KOMUNIKASI

 Prosesor

Yang disebut juga sebagai unit pemrosesan pusat atau central procecing unit CPU adalah tempat dimana pemrosesan data dilakukan prosesor dibuat oleh perusahaan perakitan computer seperti andvence micro devices.

Kecepatan prosesor

Kecepatan prosesor diukur oleh jumlah siklus yang terjadi per detik dan angka ini telah berkembang sangat cepat selama beberapa tahun sejak IBM memperkenalkan computer mikronya yang pertama. Prosesor pertama disebut mesin 8-bit akan membentuk ukuran dari satu “word”. Bit adalah nilai tunggal yang terdiri atas nol atau satu. Word adalah ukuran dari beberapa bit yang dapat digerakkan dengan satu siklus computer.

Memori

Pada dasarnya data disimpan di sebuah computer dalam 2 cara memori dan penyimpan. Memori disebut juga ruang penyimpanan primer atau random akses memori (RAM). Memori dapat dianggap sebagai suatu ruangan kerja yang digunakan oleh prosesor.

Alat-alat input (Input Devices)

Data yang diterima dari manusia (human captured data) mengacu pada input yang diisi oleh seorang yang mengetik pada sebuah keyboard, menekan mouse, menyentuh monitor, berbicara ke microphone dll. Terdapat 2 kendala bagi data yang diterima dari manusia, pertama lambat, kedua tidak dapat mencapai tingkat akurasi yang sangat tinggi seperti data yang diterima mesin.

Alat-alat output (Output Devicees)

Alat-alat output yang paling terkenal adalah layar computer yang disebut juga monitor, dan printer. Printer memiliki keunggulan yang serupa dengan monitor seperti perubahan-perubahan terjadi dalam bidang resolusi pencetakan, kecepatan pencetakan, dan warna.ad conglimboo

Alat-alat komputasi pribadi

Komputasi pribadi telah lama dihubung-hubungkan dengan computer mikro. Bahkan computer mikro pada awalnya disebut computer pribadi yang membantu anda melihat bagaiamana alat komputasi pribadi dapat mengubah keputusan bisnis.Contoh dari komputasi pribadi yaitu :
  • ·         Telepon seluler dengan pesan dan video interaktif
  • ·         Telepon seluler cerdas
  • ·         Jaringan rumah
  •      Contohnya TV kabel, modem.

Komunikasi

Kecepatan transmisi data antar computer yang berlangsung melalui system telepon public seringkali lebih lambat daripada ketika computer tersambung melalui jaringan sendiri.

Jaringan pribadi maya

Jaringan pribadi maya adalah satu-satunya data yang berada pada saluran komunikasi lebih cepat daripada tranmisi internet yang aman. Peranti lunak tunneling sebenarnya hanya menciptakan seperangkat lokasi-lokasi perantara peralatan telepon yang akan menyelenggarakan transfer komunikasi data tertentu.

Jenis-jenis jaringan

·           Jaringan area local

Adalah sekelompok computer dan alat-alat lainnya yang terkoneksi dengan media yang sama.
·         Internet
Hanyalah sekumpulan jaringan yang dapat disatukan bersama.
·         Intranet
Membatasi akses ke sumber daya computer hanya pada sekelompok orang yang terpilih di dalam organisasi.
·         Ekstranet
Hanya para pelanggan atau sekumpulan orang bisnis (di luar perusahaan) yang bias menggunakannya.



By conglimboo