1. Pertanyaan terbuka (open-ended)
menggambarkan berbagai pilihan bagi orang yang diwawancarai untuk merespons.
► Contoh pertanyaan terbuka :
• Bagaimana pendapat anda tentang kondisi bisnis ke bisnis e-commerce di perusahaan anda ?
• Apa tujuan-tujuan terpenting departemen anda ?
• Gambarkan proses monitoring yang tersedia secara on-line?
Keuntungannya, sebagai berikut :
a. Membuat orang-orang yang diwawancarai merasa senang.
b. Memungkinkan orang-orang yang diwawancarai meningkatkan kosa katanya, yang mencerminkan pendidikan, nilai-nilai, sikap dan kepercayaan yang dimiliki.
c. Kaya akan detail.
d. Membuka peluang pertanyaan-pertanyaan berikutnya.
e. Lebih menarik perhatian orang-orang yang diwawancarai.
f. Memunculkan spontanitas.
g. Penyusunan kata-kata yang lebih mudah bagi orang-orang yang diwawancarai.
h. Bisa digunakan saat terdesak karena pewawancara tidak siap.
Kekurangannya, sebagai berikut :
a. Kemungkinan menghasilkan terlalu banyak detail yang tidak relevan.
b. kemungkinan hilangnya kontrol atas wawancara.
c. Memungkinkan respons yang memakan banyak waktu untuk informasi-informasi yang berguna yang ingin dikumpulkan.
d. Kemungkinan menunjukkan pewawancara tidak siap.
e. Kemungkinan memberi kesan bahwa pewawancara sedang memancing tanpa tujuan yang jelas dari wawancara.
2. Pertanyaan tertutup (close-ended).
Merupakan alternatif dari pertanyaan terbuka. Pertanyaan tertutup responsnya kemungkinan tertutup bagi orang yang diwawancara karena hanya dapat memberi jawaban terbatas.
► Contoh pertanyaan tertutup :
• Berapa banyak bawahan yang anda miliki ?
• Rata-rata berapa kali panggilan yang diterima pusat panggilan setiap bulannya ?
• Dari sumber-sumber informasi berikut ini yang mana yang paling bermanfaat menurut anda :
o Formulir keluhan konsumen
o Keluhan lewat e-mail dari konsumen yang mengunjungi Web site
o Interaksi tatap muka dengan konsumen
o Barang yang dikembalikan konsumen ad conglimboo
Pertanyaan tertutup seperti dalam soal-soal pilihan ganda untuk ujian.
Kelebihannya, sebagai berikut :
a. Menghemat waktu.
b. Dengan mudah membandingkan orang yang diwawancarai.
c. Langsung ke sasaran.
d. Tetap dapat mengontrol wawancara.
e. Membaongkar banyak hal dengan cepat.
f. Mendapatkan data-data yang relevan.
Kekuranganya, sebagai berikut :
a. Membosankan orang yang diwawancarai.
b. Gagal mendapatkan banyak detail .
c. Kehilangan gagasan utama untuk alasan sebelumnya.
d. Gagal membangun hubungan antara pewawancara dengan orang yang diwawancarai.
By conglimboo