TAHAP-TAHAP PROSES WAWANCARA


Sepuluh langkah dalam proses pekerjaan


PEWAWANCARA                                       ORANG YANG DIWAWANCARAI                                                          

1. Menilai kebutuhan                                            2. Menyelidiki pekerjaan

4. Menyaring pelamar                                          3. Menbuat lamaran




















5. Wawancara                                                          6. Wawancara

8. Seleksi                                                                  7. Tindak lanjut

9. Penempatan                                                        10. Orientasi

Keterangan:

1.       Menilai kebutuhan

Pada tahap ini menuntut para majikan untuk menganalisis secara cermat keahlian, pengalaman yang relevan, dan persyaratan pekerjaan yang diinginkan. 

2.       Menyelidiki pekerjaan

Wawancara merupakan suatu alat untuk mengadakan hubungan personal. Hubungan ini memerlukan perencanaan yang baik meliputi penelitian organisasi, penemuan kekuatan organisasi tersebut, dan penyelidikan mengenai bagaimana anda dapat memberikan kontribusi.

3.       Membuat lamaran

Menyelesaikan proses lamaran secara cermat adalah hal penting. Pikirkan setiap langkah dalam proses lamaran resmi sebagai contoh pekerjaan anda. Kenali resume dan surat lamaran kerja dengan baik setelah hubungan personal ditetapkan.adconglimboo

4.       Menyaring pelamar

Pewawancara harus menanyakan referensi pelamar unruk mendapatkan referensi tambahan.Manajer harus mengenali bahwa keputusan pengangkatan pegawai dapat mempengaruhi kerugian dan keuntungan yang lebih besar daripada pembelian perlengkapan.

5.       Pertimbangan pewawancara dalam wawancara

Pewawancara harus menerima tanggung jawab untuk mengetahui kondisi pekerjaan. Pewawancara yang tidak dapat menjawab pertanyaan secara etis tidak siap untuk mengadakan wawancara.

6.       Peran pelamar dalam wawancara

Para peneliti menyimpulkan bahwa antusiasme dan kemampuan komunikasi lisan merupakan sifat terpenting yang harus ditunjukkan oleh seorang pelamar

7.       Tindak lanjut

Setelah wawancara, pelamar harus tetap berperan aktif dalam proses wawancara.

8.       Seleksi

Para pelamar harus mempertimbangkan sejumlah factor sebelum menerima tawaran pekerjaan. Diantara factor-faktor ini adalah lingkungan perusahaan (budaya perusahaan), kekuatan keuangan perusahaan, batas laba perusahaan, peralatan dan lingkungan perusahaan, dan pekerjaan itu sendiri.

9.       Penempatan

Tanyalah manajer unit anda apa uyang dapat anda lakukan untuk melakukan suatu permulaan yang baik. Selidikilah program-program pelatihan atau pertemuan-pertemuan prutin yang dapat anda hadiri untuk orientasi prajabatan.

10.   Orientasi

Orientasi mengacu pada proses mempelajari tanggung jawab pekerjaan baru anda dan bagaimana menyelesaikannya dengan berhasil.



By conglimboo