PERKEMBANGAN MANAJEMEN STRATEGIS

TERMINOLOGI TERKAIT

  • Manajemen strategi adalah suatu proses pengambilan keputusan dan tindakan yangmengarah kepada pengembangan strategi yang efektif atau yang membantu perusahaan mencapai tujuannya.
  • Kebijakan perusahaan. Kebijakan umum perusahaan yang melihat ke dalam (inward looking) untuk mengintegrasikan aktivitas dan fungsi perusahaan secara tepat.
  • Keputusan strategi. Keputusan ini berkaitan dengan definisi bisnis, produk dan pasar yang akan dilayani, fungsi yang akan dilaksanakan, dan kebijakan utama.
  • Kebijakan adalah rumusan yang disiapkan dan berfungsi sebagai pedoman internal organisasi untuk bertindak.

PERKEMBANGAN MANAJEMEN STRATEGIS
• BASIC FINANCIAL PLANNING.
• FORECAST BASED PLANNING.
• EXTERNALLY ORIENTED
• PLANNING (STRATEGIC PLANNING).
• STRATEGIC MANAGEMENT.

MANFAAT

• Pemahaman yang lebih jelas atas visi strategis perusahaan
• Fokus yang lebih tajam terhadap apa yang secarastrategis memang penting.
• Pemahaman yang lebih baik terhadap perubahan lingkungan perusahaan secara lebih cepat.
•Perumusan strategi : Meliputi kegiatan untuk Mengembangkan visi dan misi organisasi, mengidentifikasi peluang dan ancaman eksternal organisasi, menentukan kekuatan dan kelemahan internal organisasi, menetapkan tujuan jangka panjang organisasi, membuat sejumlah
•strategi alternatif untuk organisasi, serta memilih strategi tertentu untuk digunakan.
•Pelaksanaan strategi : Mengharuskan perusahaan untuk menetapkan sasaran tahunan, membuat kebijakan,memotivasi karyawan, dan mengalokasikan sumber dayasehingga perumusan strategis dapat dilaksanakan.Pelaksanaan strategis mencakup pengembangan budayayang mendukung strategi, penciptaan struktur organisasi yang efektif, pengarahan kembali usaha– usaha pemasaran, penyiapan anggaran, pengembangan dan pemanfaatan sistem informasi, serta menghubungkan kompensasi untuk karyawan dengan kinerja organisasi.