Tahapan dalam Manajemen Strategis (Fred R. David, 2004 : 6-7)


• Evaluasi strategi : Tahap ini merupakan tahap akhir dari manajamen strategis tiga kegiatan pokok dalam evaluasi strategi adalah :
– Mengkaji ulang faktor-faktor eksternal dan internal yang menjadi landasan perumusan strategi yang diterapkan sekarang ini.
– Mengukur kinerja,
– Melakukan tindakan-tindakan korektif. Evaluasi strategi perlu dilakukan karena keberhasilan saat ini bukan merupakan jaminan untuk keberhasilan di hari esok.

Strategi Besar (Grand Strategy)
• Pertumbuhan (Growth), dapat dilakukan secara internal meliputi pengembangan dari produk baru atau produk lama yang mengalami perubahan dan secara eksternal dengan memperoleh tambahan divisi bisnis atau diversifikasi yang artinya mengakuisisi bisnis yang terkait dengan lini produk saat itu.
• Stabilitas (Stability) atau Strategi Diam, artinya adalah bahwa organisasi ingin tetap berada pada ukurannya yang sama atau tumbuh perlahan dengan cara-cara yang masih dapat dikendalikan.
• Pemangkasan (Retrenchment), berarti organisasi terpaksa melalui periode terjadinya penurunan dengan penyusutan unit bisnis yang ada saat ini atau menjual atau melikuidasi keseluruhan unit bisnis.
Strategi Global
• Strategi Globalisasi (Globalization Strategy),
  merupakan standarisasi rancangan produk dan strategi periklanan di seluruh dunia.
• Strategi Multidomestik (Multidomestic Strategy),
  adalah modifikasi desain produk dan strategi periklanan untuk mengakomodasi kebutuhan spesifik dari masing-masing negara. Maksudnya adalah perusahaan multinasional ada di sejumlah negara, namun periklanan dan rancangan produknya disesuaikan dengan kebutuhan spesifik masingmasing negara.
• Strategi Transnasional (Transnational Strategy),
  yaitu strategi yang mengkombinasikan koordinasi global untuk meraih efisiensi dengan  fleksibilitas untuk memenuhi kebutuhan spesifik pada berbagai negara.